Syarat Sukses Wirausaha

Bagikan Tulisan ini
Email this to someone
email
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Print this page
Print

Sikap dan Perilaku Wirausaha

Para wirausahawan tidak dapat dipisahkan dengan gambaran orang-orang yang selalu ingin maju, banyak ide-ide kreatif dan sangat menyukai tantangan. Ada beberapa sikap dan perilaku yang selaras dan sejalan dengan profil seorang wirausahawan. Berikut ini beberapa karakteristik dan sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan, yaitu :

Kompetensi Wirausaha

Seorang haruslah memiliki persyaratan-persyaratan tertentu sebagai modal dasar agar ia dapat disebut sebagai seorang wirausahawan di antaranya adalah :

  • Memiliki ide yang jelas dan fokus terhadap tujuan
  • Kemauan dan komitmen yang tidak mudah tergoyahkan
  • Selalu berani untuk memulai sesuatu

Sedangkan mengenai kecukupan modal, tenaga dan pemikiran merupakan variabel yang bersifat relatif tergantung ide dan komitmen wirausaha tersebut.

Menurut Casson sebagaimana dikutip oleh Yuyun Wirasasmita (1993:3) mengenai beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan, yaitu[1]

  • Self knowledge. Yaitu memiliki pengetahuan tentang usaha yang akan dilakukan atau ditekuninya.
  • Imagination. Yaitu memiliki imajinasi, ide dan perspektif serta tidak mengandalkan pada sukses di masa yang lalu.
  • Practical skill. Yaitu memiliki pengetahuan praktis, misalnya pengetahuan teknik, desain, prosesing, pembukuan, administrasi dan pemasaran.
  • Search skill. Yaitu kemampuan untuk menemukan, berkreasi dan berimajinasi
  • Foresight. Yaitu berpandangan jauh ke depan
  • Computation skill. Yaitu kemampuan berhitung dan kemampuan memprediksi keadaan masa yang akan datang
  • Communication skill. Yaitu kemampuan untuk berkomunikasi, bergaul dan berhubungan dengan orang lain.

Norman M.Scarborough (1993) mengungkapkan bahwa kompetensi kewirausahaan yang diperlukan sebagai syarat-syarat bisnis, meliputi :

  1. Proaktif. Selalu ada inisiatif dan tegas dalam melaksanakan tugas.
  2. Berorientasi pada prestasi atau kemajuan, cirinya adalah :
  3. Selalu mencari peluang-peluang baru
  4. Berorientasi pada efisiensi
  5. Konsen pada kerja keras
  6. Perencanaan yang sistematis
  7. Selalu memonitor keadaan
  8. Komitmen terhadap perusahaan atau orang lain, cirinya adalah :
  9. Selalu memegang teguh kontrak kerja
  10. Mengenal tentang betapa penting hubungan bisnis

Sedangkan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan menurut Dan & Bradstreet Business Credit Service (1993:1) adalah[2]

  1. Knowing Your Business, yaitu harus mengetahui usaha apa yang akan dilakukan. Seorang wirausaha harus mengetahui segala sesuatu yang ada hubungannya dengan usaha atau bisnis yang akan dilakukannya. Misalnya : seorang yang akan melakukan bisnis perhotelan maka ia harus memiliki pengetahuan tentang perhotelan. Untuk bisnis pemasaran komputer, ia harus memiliki pengetahuan mengenai komputer dan lain-lain.
  • Knowing The Basic Business Management. Yaitu mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis, misalnya bagaimana cara merancang usaha, mengorganisasikan dan mengendalikan perusahaan, termasuk dapat memperhitungkan, memprediksi, mengadministrasikan dan membukukan kegiatan-kegiatan usaha. Mengetahui manajemen bisnis berarti memahami kiat, cara, proses dan pengelolaan semua sumber daya perusahaan secara efektif dan efisien.
  • Having The Proper Attitude. Yaitu memiliki sikap yang sempurna terhadap usaha yang dilakukannya. Ia harus bersikap sebagai pedagang, industriawan, pengusaha, eksekutif yang bersungguh-sungguh dan tidak setengah hati.
  • Having Adequate Capital. Yaitu memiliki modal yang cukup. Modal tidak saja dalam bentuk materi, tetapi juga rokhani. Kepercayaan dan keteguhan hati merupakan modal utama dalam berusaha. Oleh karena itu, harus cukup uang, cukup tenaga, tempat dan mental.
  • Managing Finances Effectivelly. Yaitu memiliki kemampuan mengatur atau mengelola keuangan secara efektif dan efisien, mencari sumber dana dan menggunakannya secara tepat, serta mengendalikannya secara akurat.
  • Managing Time Efficiently. Yaitu kemampuan mengatur waktu seefisien mungkin. Mengatur, menghitung dan menepati waktu sesuai dengan kebutuhannya.
  • Managing People. Yaitu kemampuan merencanakan, mengatur, mengarahkan, menggerakkan (memotivasi) dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan perusahaan.
  • Satisfying Customer by Providing High Quality Product. Yaitu memberi kepuasan kepada pelanggan dengan cara menyediakan barang dan jasa yang bermutu, bermanfaat dan memuaskan.
  • Knowing How to Competence. Yaitu mengetahui strategi/cara bersaing. Wirausaha harus dapat mengungkapkan kekuatan (strengths), kelemahan (weaks), peluang (opportunity) dan ancaman (threat) dirinya dan pesaing. Ia harus menggunakan analisis SWOT baik terhadap dirinya maupun terhadap pesaing.
  1. Copying with Regulation and Paperwork. Yaitu membuat aturan atau pedoman yang jelas dan tertulis.

Menurut Kuriloff, John M.Memphil Jr dan Douglas Cloud (1993:8) ada empat kemampuan utama yang diperlukan untuk mencapai pengalaman yang seimbang agar kewirausahaan berhasil, di antaranya adalah[3] :      

  • Technical competence, yaitu memiliki kompetensi dalam bidang rancang bangun (know-how) sesuai bentuk usaha yang dipilih. Contohnya kemampuan dalam bidang teknik produksi dan desain produksi. Ia harus benar-benar mengetahui bagaimana barang dan jasa itu dihasilkan dan disajikan.
  • Marketing competence, yaitu memiliki kompetensi dalam menemukan pasar yang cocok, mengidentifikasi pelanggan dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Ia harus mengetahui bagaimana menemukan peluang pasar yang spesifik, misalnya pelanggan dan harga khusus yang belum digarap pesaing.
  • Financial competence, yaitu memiliki kompetensi dalam bidang keuangan, mengatur pembelian, penjualan, pembukuan dan perhitungan rugi/laba. Ia juga harus mengetahui bagaimana mendapatkan dana dan cara menggunakannya.
  • Human relation competence, yaitu kompetensi dalam mengembangkan hubungan personal, seperti kemampuan berelasi dan menjalin kemitraan antar perusahaan. Ia harus mengetahui hubungan interpersonal secara sehat.

[1] Budi, Triton Prawira. 2007. Panduan Sikap dan Perilaku Entrepreneurship, Kiat Sukses Menjadi Pengusaha, Cetakan I. Yogyakarta : Tugu Publisher. Hlm.136.

[2] Budi, Triton Prawira. 2007. Panduan Sikap dan Perilaku Entrepreneurship, Kiat Sukses Menjadi Pengusaha, Cetakan I. Yogyakarta : Tugu Publisher. Hlm.137.

[3] Budi, Triton Prawira. 2007. Panduan Sikap dan Perilaku Entrepreneur-ship, Kiat Sukses Menjadi Pengusaha, Cetakan I. Yogyakarta : Tugu Publisher. Hlm.140.


Judul Buku: Teori dan Praktek Manajemen, Penulis: Ais Zakiyudin, SE., MM.