Efektifitas dan Efisiensi

Bagikan Tulisan ini
Email this to someone
email
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Print this page
Print

AISZAKI.com – Manajer berupaya agar dalam menggunakan sumber daya organisasi dilaksanakan secara efektif dan sekaligus efisien. Efektivitas manajerial mengacu pada penggunaan sumber daya organisasi oleh para manajer dalam mencapai tujuan organisasi.

Yuuk kepoin sekolah penghafal Al-Qur’an dan pembibit wirausaha sejak usia dini

Para manajer dikatakan efektif apabila organisasi dalam menggunakan sumber daya yang dimilikinya dapat mencapai tujuan yang ditetapkan. Akan tetapi, pada kenyataannya yang kita jumpai adalah derajat keefektifan manajerial. Semakin dekat sebuah organisasi dapat mencapai tujuannya, maka para manajer dipandang semakin efektif. Artinya, efektivitas manajerial berada pada wilayah di antara efektif dan tidak efektif.

Efesiensi manajerial merupakan proporsi dari sumber daya organisasi secara keseluruhan yang menyumbang pada produktivitas selama proses pembuatan produk atau jasa. Apabila semakin tinggi proporsi tersebut, maka dikatakan semakin efisien manajer. Sebaliknya, apabila semakin banyak sumber daya yang diboroskan atau tidak digunakan selama proses produksi, maka dikatakan semakin tidak efisien para manajer tersebut.

Sebagaimana halnya efektifitas manajemen, efisiensi manajemen juga dapat diukur pada sebuah jenjang, mulai dari tidak efisien hingga tidak efisien[1]. Tidak efisien berarti sangat kecil proporsi dari sumber daya total yang disumbangkan pada produktivitas selama proses produksi, sedangkan efisien berarti sumbangan tersebut sangat besar.

Untuk meraih keberhasilan organisasi secara maksimal, baik efektivitas maupun efisiensi merupakan hal yang sangat penting walaupun dalam keadaan tertentu kadang-kadang manajer bisa efektif tanpa harus efisien.


[1] Puspopranoto, Sawaldjo. 2006. Manajemen Bisnis; Konsep, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Penerbit PPM. Hlm.103

Sumber: Buku “Manajemen Bisnis” Karya: Ais Zakiyudin, SE, MM

Baca juga:  Apa yang menjadi pertimbangan para orang tua dalam memilih sekolah?